Posted by : Restu Wong Tuo 2013/11/15

New_News. Menyusul kemerdekaan Kroasia yang secara resmi dideklarasikan pada Juni 1991, federasi sepakbola Kroasia mengajukan diri sebagai anggota FIFA dan akhirnya diterima pada Juli 1992. Hal tersebut membuat Kroasia dipastikan absen pada Piala Dunia 1994 karena telat masuk ke dalam babak kualifikasi zona Eropa, sehingga turnamen internasional pertama mereka adalah Euro 1996.

Dan kualifikasi Piala Dunia pertama mereka adalah untuk Piala Dunia 1998 yang digelar di Prancis. Diasuh oleh Miroslav Blazevic, Kroasia mengawali petualangan mereka menuju Piala Dunia dengan kemenangan besar 4-1 atas Bosnia & Herzegovina.

Sempat kesulitan menemukan performa terbaik, Kroasia mampu menduduki posisi runner-up di grup 1, di bawah Denmark, dengan mengumpulkan 15 poin dari delapan pertandingan. Itu berarti Kroasia harus melewati babak play-off untuk dapat menembus putaran final Piala Dunia 1998.

Pada babak play-off, Kroasia bertemu dengan Ukraina, yang menjadi runner-up grup 9, di mana mereka kalah bersaing dengan Jerman.

Kroasia akhirnya berhasil mendapatkan tiket pertama ke Piala Dunia usai menahan imbang Ukraina di Olimpiysky, Kiev, dengan skor 1-1 tepat 16 tahun silam. Hasil imbang itu membuat Kroasia menang dengan agregat 3-1 setelah di leg pertama sebelumnya, Kroasia menang 2-0 atas skuat asuhan Sabo Josef.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Translate

Followers

Powered by Blogger.

- Copyright © 2013 New_News -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -